Aman Jalani Imunisasi saat Pandemi

Aman Jalani Imunisasi saat Pandemi

Pandemi virus Corona berimbas pada banyak hal, tak terkecuali jadwal imunisasi anak. Tidak sedikit orang tua yang ragu membawa anaknya ke rumah sakit atau puskesmas untuk melakukan imunisasi karena takut tertular virus yang sudah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia ini.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menginstruksikan agar pelayanan imunisasi untuk anak tetap berjalan sesuai jadwal, meski saat ini Indonesia tengah dirundung wabah COVID-19 akibat virus Corona. Wajibnya imunisasi dasar lengkap diberikan kepada anak bukan tanpa alasan. Imunisasi lewat pemberian vaksin akan membantu sistem imun anak memproduksi antibodi khusus untuk melawan beragam penyakit infeksi berbahaya yang mengancam anak-anak, seperti hepatitis B, difteri, dan polio.

Bila melewatkan imunisasi, anak dikhawatirkan menjadi rentan tertular penyakit ini dan mengalami sakit berat. Selain itu, anak-anak juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi yang berbahaya dan bisa menyebabkan kecacatan, bahkan kematian.

Oleh karena itu, Bunda perlu melengkapi imunisasi Si Kecil sesuai jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah, ya. Nah, Bunda berikut adalah tips agar tetap aman selama melakukan imunisasi si Kecil di masa pandemi :

  1. Sesuaikan dengan jadwal imunisasi anak. Pastikan segala imunisasi yang dibutuhkan anak tetap terpenuhi sesuai jadwal. Batas toleransi maksimal adalah 1 bulan dari jadwal.
  2. Pilih RS yang aman menurut Bunda. Yakni rumah sakit yang memiliki jadwal terpisah atau tempat terpisah untuk imunisasi.
  3. Ketika anak sakit, maka imunisasi ditunda dulu sampai anak benar-benar sehat.
  4. Jangan sering mengajak anak berpergian keluar rumah. Karena daya tahan tubuh anak masih rentan jika dibandingkan dengan day atahan tubuh orang dewasa.
  5. Berikan makanan yang mengandung gizi seimbang.

Di samping itu, jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer di tas Bunda saat membawa Si Kecil imunisasi, ya. Bunda juga wajib menggunakan masker selama berada di luar rumah, baik dalam perjalanan ataupun di tempat imunisasi. Si kecil juga perlu dilindungi ya, bun dengan menggunakan faceshield atau masker yang nyaman ketika berada di luar rumah.

Selalu terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak 1–2 meter dengan orang lain, ketika Bunda dan Si Kecil di luar rumah. Bila Si Kecil sudah bisa berlari-larian, tahan agar ia tidak ke mana-mana, terutama saat di fasilitas kesehatan.

Setelah imunisasi selesai, segera pulang ke rumah dan usahakan untuk menghabiskan sesedikit mungkin waktu di luar rumah. Sesampainya di rumah, Bunda dan Si Kecil harus segera mencuci tangan dengan air dan sabun, serta mengganti pakaian.

Tetap jaga kesehatan ya Bunda!

 

Maretha Sukmawardani, Sp. A

Dokter Spesialis Anak RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 3
  • Page views today : 8
  • Total visitors : 7,886
  • Total page view: 16,918
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?