Apakah IBU Hamil Boleh Minum KOPI

Apakah IBU Hamil Boleh Minum KOPI

Kopi adalah minuman kegemaran banyak orang. Tidak terkecuali bagi siapapun, termasuk wanita yang sedang hamil. Banyak berbagai pantangan yang diajukan pada ibu hamil, dan salah satunya adalah minum kopi. Sebenarnya bukan hanya asupan kopi saja yang perlu dibatasi oleh ibu hamil, namun juga makanan dan minuman lain yang mengandung kafein. Contoh makanan atau minuman mengandung kafein, yaitu cokelat, minuman ringan dan teh. Selain itu, kafein juga biasanya ditambahkan ke dalam obat flu dan minuman pembangkit tenaga (energy drink).

Banyak beberapa orang yang memang ketergantungan kopi di dalam kondisi apapun, termasuk ibu hamil. Apa benar ibu hamil bahaya minum kopi? Adakah bahaya dan takaran yang sesuai untuk minum kopi saat hamil?

Efek kafein pada Ibu Hamil

Sebuah penelitian dari The New Journal of Medicine menemukan fakta, bahwa keguguran bisa terjadi karena terlalu banyak minum kopi. Ini ditemukan pada 562 wanita hamil yang menjadi partisipan survei. Kandungan kafein di dalam kopi juga diduga sebagai penyebab keguguran.

Pasalnya, penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang sedang hamil punya risiko keguguran lebih tinggi ketika minum lebih dari 8 cangkir kopi tiap harinya. Ini berlaku untuk kopi yang biasa dibeli di pasar swalayan atau di kafe-kafe pada umumnya.

Mengapa minum kopi saat hamil sangat berbahaya? Ketika Bunda minum kopi, kafein akan melewati plasenta menuju cairan ketuban dan aliran darah janin. Tubuh bayi yang masih berkembang memerlukan waktu lebih untuk memproses kafein tersebut dibandingkan tubuh Bunda. Akibatnya, si Kecil akan terkena efek kafein yang lebih lama dari ibunya.

Kopi dengan kafein bisa masuk dan menembus plasenta bayi. Pada orang normal saja, kafein bisa mempercepat detak jantung dan ini juga berdampak sama pada jantung janin. Lalu, berapa idealnya ukuran atau dosis minum kopi saat hamil?

Berapa takaran ideal minum kopi saat hamil?

Saat hamil, ada beberapa makanan dan minuman yang memang harus dibatasi asupannya. Semua makanan dan minuman yang mengandung kafein di dalamnya, contoh teh, coklat, minuman ringan, minuman berenergi adalah minuman yang batasannya harus diperhatikan pada ibu hamil. Cek dan baca petunjuk informasi kemasan baik-baik sebelum ibu hamil mengonsumsinya. DIanjurkan maksimal adalah 100 mg kafein jika Bunda ingin minum kopi. Hal ini setara dengan satu cangkir kopi instan untuk satu hari.

Jadi boleh-boleh saja ibu hamil mengonsumsi kopi asalkan tidak berlebihan. Satu cangkir kopi tidak akan menyakiti si jabang bayi. Ingat, tidak lebih dari 100 mg kafein per hari, ya!

Perlu diperhatikan juga oleh Bunda asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh, baik itu dalam the, kopi, cokelat maupun makanan lain yang tertera pada kemasan. Jangan sampai konsumsi kafein melebihi batas toleransi bagi ibu hamil. Disarankan saat hamil, perbanyak minum air putih serta makan makanan bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan ibu dan janin ya!

Sjafril Vika Permana, Sp. OG
Dokter Spesialis Obsgyn RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 192
  • Page views today : 319
  • Total visitors : 102,987
  • Total page view: 188,480
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?