Aturan Pola Makan Bagi Penderita Diabetes Mellitus (DM)

Aturan Pola Makan Bagi Penderita Diabetes Mellitus (DM)

Mengatur makanan untuk penderita diabetes bertujuan untuk mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi. Caranya adalah mengatur jadwal makan dengan jumlah dan jenis makanan yang sesuai.

Seseorang dikatakan menderita diabetes bila kadar gula darahnya >126 mg/dL dalam kondisi puasa, atau >200 mg/dL bila tidak puasa. Ini merupakan penyakit kronis (berlangsung lama) dan dapat menyebabkan komplikasi berupa gangguan penglihatan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan gangguan saraf.

Diabetes atau kencing manis umumnya terjadi akibat kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang salah. Oleh karena itu, dalam menangani diabetes, sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat, di samping menggunakan obat secara teratur.

Selain olahraga, penderita diabetes juga dianjurkan untuk berhenti merokok dan mengatur pola makan. Dalam mengatur pola makan penderita DM perlu memperhatikan 3J, yaitu jumlah asupan makanan, jenis makanan dan jadwal makan yang tepat sebagai berikut:

  1. Jumlah Makanan

Pada penderita DM perlu adanya pembatasan jumlah asupan makanan. Misal pembatasan porsi nasi pada penderita DM yang disesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

  1. Jenis Makanan

Penderita Diabetes Mellitus (DM) perlu mengatur jenis makanan yang akan dikonsumsi pada setiap kali makan. Hal ini dimaksudkan agar terdapat variasi zat gizi yang dikonsumsi, yakni dalam satu kali makan terdiri dari nasi, lauk hewani (rendah lemak), lauk nabati dan sayur. Yang dimaksud dengan lauk hewani rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak.

Jenis karbohidrat yang lebih sesuai untuk penderita DM adalah karbohidrat kompleks dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Contoh Kabohidrat kompleks adalah nasi, mie, bihun, kentang, tetapi jenis makanan tersebut tidak disarankan dikonsumsi secara bersamaan.  Misal nasi dengan mie, nasi dengan bihun, nasi dengan kentang. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti gula pasir, sirup, dan susu kental manis.

Beberapa penderita DM mengkonsumsi beras merah dan nasi jagung, hal ini tentu baik bagi penderita DM. Namun, tidak semua penderita DM menyukai rasa dan tekstur beras merah maupun beras jagung. Penderita DM boleh mengkonsumsi nasi putih, namun takaran dalam setiap kali makan perlu diperhatikan sesuai dengan jumlah kalori tubuh.

  1. Jadwal Makan

Penderita Diabetes Mellitus (DM) disarankan tidak melewatkan jam makan malam, karena tidur juga membutuhkan energi. Dikhawatirkan jika melewatkan jam makan malam, maka gula darah di pagi hari dapat mengalami penurunan. Dalam mengkonsumsi kudapan juga perlu diperhatikan kandungan gula pada kudapan tersebut. Misalnya seperti roti gandum, singkong rebus.

Selain 3J di atas, penderita Diabates Mellitus perlu membatasi konsumi makanan yang mengandung lemak dan tinggi natrium. Seperti mengurangi gorengan, ikan asin, telur asin, dan makanan yang berpengawet (sosis, pentol, nugget). Selain itu, konsumsi buah juga perlu dibatasi, terutama buah yang mengandung tinggi gula. Seperti semangka, melon, dan pisang yang telah berbintik-bintik hitam.

Nah, ingat ya, Diabetes Mellitus adalah penyakit jangka panjang yang dapat dikontrol, dengan pengaturan pola makan yang baik. Jadi, disiplin dalam menerapkan pola makan yang baik diperlukan agar tubuh sehat dan bugar. Salam sehat!

 

Ahli Gizi RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

3
Dec
05:00 - Thursday, 3 Dec 2020

Hari Disabilitas Sedunia

22
Dec
05:00 - Tuesday, 22 Dec 2020

Hari Ibu

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 7
  • Page views today : 14
  • Total visitors : 12,213
  • Total page view: 27,491
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?