Buah-buahan sebaiknya Dimakan pada Saat Perut Kosong | MITOS atau FAKTA

Buah-buahan sebaiknya Dimakan pada Saat Perut Kosong | MITOS atau FAKTA

Ada yang mengatakan bahwa buah sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong. Sebab mitos yang beredar adalah, makan buah dengan makanan lainnya bisa memperlambat pencernaan, bahkan bisa bikin makanan tersebut lama di perut hingga membusuk atau dengan istilah menyebabkan makanan “duduk” di perut. Mitos ini juga mengklaim bahwa makan buah dengan makanan lainnya bisa menyebabkan gas, ketidaknyamanan, serta gejala dan gangguan pencernaan lainnya.

Faktanya, kandungan serat dalam buah memang membuat perut kosong lebih lama, tetapi tidak sampai membuatnya tinggal di perut dan menjadi busuk. Perut Anda sudah dirancang untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan fermentasi dan pembusukan. Jadi, berapapun lamanya makanan tersimpan di perut, tidak akan menimbulkan fermentasi dan membusuk. Memang benar, serat dari buah dapat membuat lambung kosong lebih lambat. Namun, gejala lain seperti gas dan perut tidak nyaman adalah mitos belaka.

Buah memang sangat baik untuk kesehatan. Namun, agar manfaatnya optimal, kapan waktu makan buah yang lebih baik, sebelum atau sesudah makan?

Waktu terbaik untuk makan buah adalah sebagai makanan pertama pada pagi hari setelah mengonsumsi segelas air. Makan buah setelah makan besar tidak terlalu disarankan, karena buah yang dimakan tak dapat diproses dengan baik, sehingga nutrisinya tidak dapat diserap secara optimal.

Setelah makan besar, Anda sebaiknya memberi jeda waktu sekitar 30 menit sebelum makan buah. Idealnya, konsumsi buah sebaiknya 1 jam sebelum makan besar, atau 2 jam setelah makan besar jika Anda memiliki diabetes atau masalah sistem pencernaan seperti keasaman. Biasanya, penderita diabetes juga mengalami masalah pencernaan.

Sebagai variasi, Anda dapat mencampurkan buah dengan yoghurt (selama Anda tidak memiliki gangguan pencernaan atau keasaman). Anda juga bisa mencampurkan buah-buahan seperti nanas, jeruk, melon, atau delima dengan salad sesuai selera. Jika Anda sarapan sereal, buah berry atau buah kering juga bisa dicampurkan.

Itulah tadi mitos dan fakta mengenai makan buah-buahan pada saat perut kosong. Yuk mari mulai ruitn konsumsi buah, utamanya di pagi hari untuk memenuhi konsumsi vitamin dalam tubuh.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya. Salam sehat!

 

Ditulis oleh            : Septi Ismandayu Tripuji Lestari, S. KM

Direview oleh       : Dea Nanda, S. Gz
Ahli Gizi RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 351
  • Page views today : 542
  • Total visitors : 50,904
  • Total page view: 113,088
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?