Makan Nanas saat Hamil bikin Keguguran MITOS atau FAKTA

Makan Nanas saat Hamil bikin Keguguran MITOS atau FAKTA

Kabar tentang buah nanas dapat menyebabkan keguguran masih kerap terdengar. Tak jarang hal ini menimbulkan dilema di kalangan ibu hamil. Beberapa percaya, rasa nanas yang asam dan zat tertentu di dalamnya dapat membahayakan kondisi janin dalam kandungan. Kepercayaan terhadap bahaya makan nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran ini sudah ada sejak lama.

Dalam beberapa forum diskusi dikatakan bahwa nanas masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Konon, katanya nanas dapat menyebabkan kontraksi dan yang paling berbahaya bisa mengakibatkan keguguran.

Lalu seperti apa kebenarannya? MITOS atau FAKTA?

Pada dasarnya, hal itu adalah mitos. Faktanya, semua ibu hamil boleh makan nanas. Namun, setiap ibu hamil yang ingin mengonsumsi nanas harus memperhatikan kebersihan buah nanas dan tidak berlebihan saat mengonsumsi buah asam yang satu ini. Saat mengonsumsinya dalam satu porsi tidak boleh lebih dari 200 gram.

Secara medis disebutkan bahwa makan nanas dapat menyebabkan keguguran adalah mitos. Jadi sebenarnya nanas itu tidak menyebabkan keguguran, hanya saja nanas dapat membuat rasa tidak nyaman pada lambung karena asam. Bukan karena berbahaya, namun pada ibu hamil ususnya cenderung lambat untuk mencerna makanan.

Nanas memang mempunyai kandungan bromelain, yang merupakan enzim proteolitik yang ditemukan pada bagian batang dan buah nanas. Enzim ini yang membuat lidah terasa pedas dan gatal setelah mengonsumsi nanas. Dosis bromelain dalam satu buah nanas utuh tidak cukup tinggi untuk menyebabkan keguguran dan masalah pencernaan lainnya. Tapi konsumsi nanas dalam jumlah besar akan punya dampak berbeda dan menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung.

Enzim ini juga dapat mengganggu pencernaan dan pendarahan yang besar, jadi banyak orang yang mengatakan jika makan nanas dapat membuat keguguran. Padahal sebenarnya yang membuat atau mengganggu hingga menyebabkan keguguran dan masalah pencernaan kalau jumlah nanas yang dikonsumsi (dalam satu waktu) 9 hingga 11 buah nanas.

Pada dasarnya semua ibu hamil boleh mengonsumsi buah nanas dengan catatan tidak ada gangguan lambung, mual dan muntah saat makan nanas. Baik nanas yang sudah matang maupun nanas muda punya kandungan bromelain yang sama. Di luar hubungannya dengan kehamilan, sebetulnya nanas merupakan buah yang bernutrisi dan bervitamin.

Nah, Bunda sekarang sudah paham kan, bahwa makanan nanas saat hamil dapat menyebabkan keguguran adalah mitos. Bunda, tidak perlu cemas selama mengkonsumsi buah nanas dalam batas yang wajar.

Salam sehat untuk Bunda dan calon buah hati!

Uning Marlina, Sp. OG
Dokter Spesialis Obgyn RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

22
Dec
05:00 - Tuesday, 22 Dec 2020

Hari Ibu

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 98
  • Page views today : 223
  • Total visitors : 12,740
  • Total page view: 28,711
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?