Tangan Kering Karena Sering Cuci Tangan ? Cari Tahu Solusinya Disini

Tangan Kering Karena Sering Cuci Tangan ? Cari Tahu Solusinya Disini

Salah satu langkah pencegahan agar tidak tertular virus Corona adalah rajin mencuci tangan. Namun, sering cuci tangan kadang bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering, bahkan iritasi, perih, dan luka. Lalu, bagaimanakah solusinya?

Cuci tangan dengan sabun memang bisa membuat tangan Anda bersih. Namun, jika ini sering dilakukan sebagai upaya untuk mencegah infeksi virus Corona, kulit tangan Anda bisa kering, terkelupas, pecah-pecah, melepuh, bahkan timbul ruam dan luka.

Biasanya masalah tersebut terjadi di punggung tangan dan sela-sela jari, karena kulit di area ini lebih tipis daripada kulit di telapak tangan. Selain itu, keluhan-keluhan di atas juga lebih sering dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif atau pernah mengalami dermatitis kontak.

Solusi Atasi Kulit Tangan Kering karena Sering Cuci Tangan

Mengatasi kulit kering bukan berarti Anda harus mengurangi cuci tangan, ya. Bagaimana pun, cuci tangan dengan benar sangat penting untuk melindungimu dari infeksi kuman penyakit, apalagi saat kita tengah menghadapi wabah virus Corona seperti sekarang ini.

Nah, agar kulit tangan tetap sehat walaupun sering mencuci tangan, lakukanlah tips-tips berikut ini:

  1. Jangan asal pilih sabun

Agar kulit tanganmu tidak mudah kering, kamu perlu cermat dalam memilih sabun cuci tangan. Pilihlah sabun yang bisa memberikan kelembapan pada kulit, misalnya yang mengandung gliserin dan lanolin.

Selain itu, sebaiknya kamu memilih sabun cair daripada sabun batang, karena sabun batang biasanya memiliki pH tinggi yang bisa membuat kulitmu kering.

  1. Jangan gunakan air panas

Untuk mencuci tangan, cukup gunakan air biasa, karena air yang hangat atau panas lebih mudah menghilangkan minyak alami di kulit tanganmu. Padahal, minyak tersebut berfungsi untuk menjaga air di lapisan kulit, agar kulit tetap lembap.

Selain itu, semakin panas air, semakin besar kemungkinan tanganmu mengalami iritasi. Bila cuaca memang sedang dingin dan kamu tidak kuat kedinginan karena sering mencuci tangan, kamu bisa menggunakan air yang suhunya suam-suam kuku.

  1. Keringkan tangan dengan benar

Setelah mencuci tangan, keringkan tanganmu dengan benar. Hindari menggosokkan kain, handuk, atau tisu ke kulit tangan. Cukup tepuk-tepukkan dengan lembut ke tangan agar kulit tangan tidak lecet atau perih, apalagi jika kulitmu sensitif dan mudah terluka.

Keringkan tangan dengan kain lap, handuk, atau tisu yang kering dan bersih. Penggunaan alat pengering tangan tidak lebih dianjurkan, kok. Selain karena lebih tidak higienis, embusan udara panas dari alat tersebut dapat membuat tangan terlalu kering, kasar, dan iritasi.

  1. Gunakan pelembap

Nah, tips keempat ini cukup penting untuk kamu lakukan. Agar kulitmu tetap lembap dan sehat, oleskanlah krim atau salep pelembap kulit yang mampu menghalangi penguapan air dari lapisan kulitmu. Namun, perlu diperhatikan ya, bahwa penggunaan pelembap bisa dilakukan setiap selesai cuci tangan. Hindari penggunaan pelembap dalam keadaan tanga kotor. Selain itu, menggunakan pelembap setelah cuci tangan akan mempermudah penyerapan karena pori-pori terbuka.

Adapun dalam memilih pelembap, pilihlah pelembap yang mengandung:

  • Oklusif, yaitu bahan yang dapat mencegah hilangnya air dari kulit, contohnya petrolatum atau petroleum jelly
  • Emolien, yaitu bahan yang bisa melembutkan dan menenangkan kulit, contohnya isopropil miristat dan oktil okanoat
  • Humektan, yaitu bahan yang dapat mempertahankan kelembapan kulit, contohnya asam karboksilat dan asam laktat

Bila tangan Anda sangat kering, sebelum tidur, Anda bisa memakai sarung tangan berbahan katun pada tangan yang telah diolesi pelembab. Dengan begitu, pada pagi harinya, tangan Anda bisa menjadi ekstra lembap.

Cuci tangan memang sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi di tengah wabah virus Corona. Namun, sering mencuci tangan lama-kelamaan bisa membuat kulit tangan jadi kering dan iritasi. Oleh karena itu, rajin mencuci tangan juga harus disertai perawatan kulit tangan yang baik. Apalagi kulit yang sehat juga merupakan benteng yang baik terhadap serangan kuman penyakit, lho.

Bila kondisi kulit Anda semakin parah, maka Anda dapat segera lakukan konsultasi dengan Dokter ya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya! Salam sehat!

 

Ditulis oleh            : Septi Ismandayu Tripuji Lestari, S. KM

Direview oleh       : dr. Aulia Dita
Dokter Umum RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 2 
  • Visitors today : 476
  • Page views today : 673
  • Total visitors : 73,815
  • Total page view: 147,187
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?