Tumor Payudara Berbeda dengan Kanker Payudara Yuk Kenali Gejalanya

Tumor Payudara Berbeda dengan Kanker Payudara Yuk Kenali Gejalanya

Benjolan di payudara kerap ditakuti oleh para perempuan dan dianggap sebagai ciri-ciri tumor payudara. Tidak sedikit yang kemudian beranggapan bahwa benjolan ini adalah pertanda tumor atau kanker. Kepastian apakah benjolan tersebut adalah tumor jinak ataupun kanker harus melalui serangkaian pemeriksaan tambahan.

Namun sebenarnya pemeriksaan terhadap diri sendiri dapat menjadi screening awal untuk membedakan benjolan mana yang jinak dan mana yang ganas. Pasalnya, sebagian besar benjolan pada perempuan muda merupakan tumor jinak yang terbentuk akibat pengaruh hormon haid dan tidak perlu dikhawatirkan.

Walaupun kasusnya lebih sedikit, benjolan yang ternyata merupakan kanker payudara sering ditemukan sudah dalam stadium lanjut. Agar tidak menjadi kanker, maka perlu mengetahui ciri-ciri tumor payudara. Walau harus dipastikan melalui pemeriksaan penunjang lainnya, pengecekan ciri-ciri tumor payudara dapat dilakukan sendiri. Untuk ciri-ciri tumor payudara dan kanker payudara dapat dibedakan dari pemeriksaan fisik seperti ini:

  1. Perbedaan kecepatan pertumbuhan
    Tumor payudara umumnya tidak berkembang dengan cepat dan ukurannya relatif sama dari waktu ke waktu. Benjolan ini mungkin saja akan hilang saat periode haid sudah berlalu dan dapat muncul kembali menjelang haid berikutnya. Lain halnya dengan kanker payudara. Di awal, ukuran benjolan kanker mungkin berukuran kecil. Namun dalam waktu singkat ukurannya menjadi besar dan menonjol.
  1. Merasakan nyeri dan tidak
    Perbedaan tumor payudara dan kanker payudara selanjutnya adalah ada atau tidaknya sensasi nyeri ketika benjolan dipegang. Pada ciri-ciri tumor payudara umumnya terasa nyeri, berbeda dengan kanker yang biasanya tidak terasa nyeri. Walaupun demikian, pada kasus tertentu dimana kanker telah menyebar dan menekan daerah sekitarnya, rasa nyeri bisa saja terjadi.
  1. Pahami bentuk benjolannya
    Bila diraba dengan sedikit penekanan, benjolan pada tumor jinak payudara akan teraba jelas bentuk dan tepinya. Sedangkan pada kanker payudara, pada tepi benjolan tidak jelas dan permukaan benjolannya tidak halus atau rata.
  1. Perlekatan dan bisa tidaknya digerakkan
    Karena tumbuh hanya di tempatnya dan tidak menyebar ke jaringan sekitar, ciri-ciri tumor payudara yang masih jinak umumnya dapat digerakkan ke kanan dan kiri. Pemeriksaan ini menunjukkan bahwa tumor tidak melekat pada tulang ataupun jaringan lain di sekelilingnya. Hal ini berbeda dengan kanker payudara. Karena tumbuh menyebar dan menginvasi sekitar, kanker umumnya melekat, sehingga tidak bisa digerakkan ke kanan dan kiri.
  1. Perhatikan struktur kulit dan jaringan sekitar
    Salah satu ciri kanker payudara yang paling umum adalah terjadinya perubahan struktur kulit dan puting di sekitar benjolan. Pada kanker payudara, pori pada kulit payudara dapat melebar, menyerupai kulit jeruk. Tanda lainnya adalah puting tertarik ke dalam akibat pembentukan jaringan parut di dalam payudara.
  1. Tindakan yang harus diambil
    Ketika Anda mengalami benjolan pada payudara, jangan menganggap sepele hal tersebut. Segera lakukan pemeriksaan medis ketika menemukan benjolan yang mencurigakan agar dapat dievaluasi sesegera mungkin. Hal ini untuk memastikan jinak atau ganasnya benjolan tersebut. Dokter umumnya akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk pengecekan benjolan tersebut.

Jika Anda merasa berpotensi atau mengalami gejala seperti di atas, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Jaga pola makan dan jalani pola hidup sehat serta rutin lakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Salam sehat, sahabat Pura!

 

 Silvia, Sp. B

Dokter Spesialis Bedah Umum RS Pura Raharja

0 Komentar

Agenda / Event

Kategori

Site Statistics

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 8
  • Page views today : 19
  • Total visitors : 7,891
  • Total page view: 16,929
Open chat
Ada yang bisa kami bantu?