Dipercaya oleh
120,000+ Orang
Pusat Kesehatan Terbaik
KARS Certification
Nomor 1
RSIA Surabaya

Ketahui 4 Manfaat Rutin Cek Kesehatan: Investasi Terbaik Untuk Tubuh Kalian!

Blog Writer : Achmad Maydi Setyo Hariyanto

Sumber : www.pxhere.com

Hai sahabat RSPR! Pernah gak sih kalian ngerasa gigi ngilu saat makan makanan manis atau minum minuman yang dingin? Atau kalian pernah ngeliat lubang kecil di gigi kalian saat berkaca? Mulut kalian juga bau? Hati-hati lho, bisa jadi itu tanda-tanda gigi kalian berlubang! Kenapa harus berhati-hati? Karena dari gigi yang berlubang bisa menjadi awal mula penyakit kronis di tubuh kalian!

Gigi berlubang merupakan keadaan dimana lapisan terluar dari gigi (enamel) terkikis, sehingga bakteri menumpuk menjadi plak di gigi kalian. Kondisi tersebut biasa disebabkan oleh mengkonsumsi makanan manis dan asam berlebihan, jarang membersihkan gigi terutama setelah makan, dan tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Tapi jangan anggap sepele, ini 5 bahaya gigi yang dibiarkan berlubang:

Nyeri Berkepanjangan

Sumber : www.pixabay.com

Bahaya gigi berlubang yang pertama adalah nyeri berkepanjangan. Sakit gigi biasa, nyerinya udah minta ampun kan? Apalagi kalau sudah berlubang parah? Gigi berlubang yang sudah parah akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kalian susah tidur, terutama setelah mengonsumsi makanan atau minuman panas, dingin, asam, maupun manis. Nyeri yang berkepanjangan juga akan membuat kalian merasa sangat terganggu saat mengunyah makanan. Selain itu, nyeri juga akan terasa sampai ke kepala, telinga dan rahang. Hal itu akan bersifat kambuhan, artinya rasa nyerinya bisa muncul kapanpun.

Abses Gigi

Sumber : www.pxhere.com

Bahaya selanjutnya dari gigi berlubang yang tak kunjung ditangani adalah abses atau kantung nanah yang ada di sekitar gigi dan gusi kalian. Abses tersebut muncul karena sudah terjadi infeksi di saraf gigi, sehingga nanah akan keluar pada ujung akar gigi kalian. Munculnya abses tidak akan sembuh dengan sendirinya, kalian perlu datang ke dokter untuk penanganan yang lebih serius. Jangan sesekali membiarkan abses gigi kalian, atau kalian akan berisiko mengalami komplikasi penyakit yang lebih serius.

Struktur Gigi dan Rahang Berubah

Sumber : www.pixabay.com 

Jangan anggap sepele gigi berlubang yang terlalu lama, karena gigi yang berlubang akan membuat bakteri dan kuman menyebar menjadi lebih luas. Penyebaran itu bukan hanya berdampak pada gusi dan rahang, tetapi gigi yang berlubang lama-kelamaan akan membusuk membuat gigi kalian keropos, patah, retak, atau bahkan copot.. Mau gigi kalian ompong? Nggak kan? Selain itu, membiarkan gigi berlubang terlalu lama akan membuat struktur rahang dan gigi kalian berubah karena pergeseran gigi.

Infeksi Pembuluh Darah

Sumber : www.pixabay.com

Bahaya selanjutnya adalah infeksi pembuluh darah. Kalian udah tau kan kalau gigi itu penuh syaraf dan langsung terkoneksi ke pembuluh darah? Nah, bahaya ini juga disebut fokal infeksi dimana infeksi ini berjalan secara sistemik dan akan meluas ke anggota tubuh lainnya. Bakteri yang lama dibiarkan, akan semakin jahat hingga masuk ke dalam pembuluh darah. Masuknya bakteri itu akan terbawa pembuluh darah ke sejumlah organ vital kalian, seperti paru-paru, jantung, sampai lambung.

Timbulnya Penyakit Kronis

Sumber : www.pixabay.com

Bahaya yang paling mematikan adalah kalian akan terjangkit penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, bahkan kematian bisa menyerang kalian. Timbulnya penyakit kronis merupakan salah satu dampak lanjutan dari infeksi pembuluh darah akibat bakteri dari gigi berlubang yang masuk ke aliran darah sehingga menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Gak mau kan cuma perkara menyepelekan gigi berlubang, nyawa kalian taruhannya? 

Ternyata dampak gigi berlubang yang tidak segera diobati seserius itu ya? Sangat berbahaya  bukan? Bahkan bisa mengancam nyawa kalian lho! Untuk itu, kalian perlu memeriksa kondisi gigi kalian secara rutin, minimal 6 bulan sekali agar apabila terjadi infeksi pada gigi kalian dapat segera dilakukan pengobatan sedini mungkin.

Untuk warga Surabaya dan sekitarnya, jika kalian mengalami gigi berlubang atau permasalahan gigi lainnya, kalian bisa langsung membuat janji dengan klinik spesialis gigi di Rumah Sakit Pura Raharja. Rumah Sakit Pura Raharja menyediakan tim dokter gigi yang berpengalaman dan profesional yang dapat membantu permasalahan gigi kalian. Semakin cepat kamu diobati, semakin kecil kemungkinan untuk mengalami bahaya yang serius. Yuk segera obati di Rumah Sakit Pura Raharja!

Sumber Artikel : www.halodoc.com, www.klikdokter.com, doktersehat.com, hellosehat.com, www.alodokter.com

Related Posts

Leave a Reply